Sejarah

pmii-benderaSejarah bagi generasi yang akan datang bukanlah hanya sebuah tulisan mati yang tanpa arti. Catatan-catatan sejarah selain dibuat untuk mengabadikan perjalanan masa lampau, juga sekaligus menjadi cerita yang dapat dipetik hikmahnya bagi perjuangan di masa yang akan datang.

Pun demikian dengan sejarah Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) Komisariat Universitas Muhammadiyah Malang. Merefleksikan perjalanan organisasi dari masa ke masa menjadi sebuah hal penting dan mengakar-tradisi bagi segenap warga pergerakan, bil khusus bagi warga pergerakan Komisariat Universitas Muhammadiyah Malang.

Hari ini, 03 Mei 2014 merupakan hari bersejarah bagi segenap warga Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) Komisariat Universitas Muhammadiyah Malang. Karena 22 tahun silam, tepatnya 3 Mei 1992, untuk pertamakali dideklarasikan pembentukan Komisariat PMII di lingkungan Universitas Muhammadiyah Malang.

Kita semua tentu sadar dan mahfum bahwa pendirian organisasi mahasiswa Islam berhaluan Ahlussunnah Wal Jama’ah pada sebuah instansi pendidikan Muhammadiyah tentu bukanlah suatu hal yang mudah. Resistensi tentulah menjadi sebuah konsekuensi yang harus dihadapi. Dan sejarah kemudian mencatat itu semua, PMII Komisariat Universitas  Muhammadiyah Malang dalam perjalanannya terbukti mampu mewujudkan keselarasan dengan lingkungan di mana ia tumbuh dan berkembang (Universitas Muhammadiyah Malang).

Melalui momentum hari lahir Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia Komisariat Universitas Muhammadiyah Malang kali ini, izinkan saya untuk menuliskan ulang kembali kilas sejarah Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia Komisariat Universita Muhammadiyah Malang. Momentum hari lahir kali ini diharapkan mampu menumbuhkembangkan spirit untuk terus menjaga dan meningkatkan eksistensi PMII di tengah dinamika gerakan keislaman dan kebangsaan, serta mampu menjadi instrumen penguatan pembangunan dan pengembangan organisasi.

Pembentukan PMII Komisariat Universitas Muhammadiyah Malang dirintis oleh Pengurus Cabang PMII Malang periode kepengurusan Sahabat Fauzan Alfas S.H (1991-1992). Motivasinya di samping sebagai upaya pengembangan kelembagaan PMII, juga untuk wadah alternatif mahasiswa Universitas Muhammadiyah Malang yang se-“Idiologi” untuk beraktivitas, beribadah dan memperjuangkan idialismenya.

Pengurus Komisariat PMII Universitas Muhammadiyah Malang didirikan pada tanggal 3 mei 1992 di Jl. Sumbersari VC/435 Malang, Jawa Timur. Pengurus PMII tingkat kampus ini kemudian disahkan oleh PC PMII Kota Malang dengan Surat Keputusan  No. 088.PC-XX.V-42.01-037.A-II.05.1992 tertanggal 6 Mei serta dilantik pada 20 Juni 1992 di Jl. Kertorahayu 22 Malang dengan nama PMII Komisariat Al-Ikhlas.

Komisariat Al Ikhlas

Nama Al-Ikhlas dipilih karena diharapkan dapat memacu keikhlasan hati dari sahabat-sahabat pengurus untuk ikhlas memperjuangkan dan menegakkan panji-panji PMII di tengah komunitas manusia-manusia yang masih belajar dan berada pada perguruan tinggi yang secara historis-ideologis bukan ibunya (Muhammadiyah).

Pembentukan tersebut dirintis oleh 11 orang yang terdiri dari dua sahabat dan 9 orang sahabati. Mereka berkeinginan menghimpun dan memberi alternatif organisasi ekstra bagi mahasiswa Universitas Muhammadiyah Malang yang hiterogen. Dengan koordinasi yang baik, kepengurusan dapat berjalan dan melaksanakan program-program kerjanya. Namun sebagai organisasi yang masih bayi pada saat itu, prioritas ditekankan pada konsolidasi dan pengembangan organisasi dengan rekruitmen kader yang berkesinambungan.

Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia Komisariat Universitas Muhammadiyah Malang sempat ditopang oleh sembilan Rayon, di antaranya Rayon Teknik yang berdiri pada 9 April 1995, Rayon Fisip 03 Juli 1995, Rayon FKIP 05 Juli 1995, Rayon Ekonomi 06 Juli 1995, Rayon FAI 18 Juli 1996, Rayon Pertanian pada tahun 1996, Rayon Psikologi 05 Juli 1997, Rayon Peternakan 17 Oktober 1997, Rayon Hukum 09 November 1998 dan terakhir Rayon Cakrawala yang berdiri pada tanggal 06 April 2013. Pada proses perjalanannya, harus diakui bahwa hari ini tepat 22 tahun Komisariat Muhammadiyah Malang hanya ditopang oleh lima Rayon, AD. Fisip, FKIP, Teknik, Ekonomi, dan Cakrawala sebagai Rayon Gabungan.

Dinamika PMII Malang

Diakui atau tidak, PMII Komisariat Universitas Muhammadiyah Malang telah turut serta mewarnai dinamika gerakan kemahasiswaan, dalam dinamika internal PMII Kota Malang maupun dalam pergumulan antar organisasi ekstra kampus di lingkungan Universitas Muhammadiyah Malang.

Demikian kilas balik sejarah perjalanan PMII Komisariat Universitas Muhammadiyah Malang pada  masa periode-periode awal, catatan ini sebagai usaha kepengurusan Komisariat masa ibadah 2013-2014 untuk menghimpun yang terserak dari lembaran-lembaran prasasti sejarah Komisariat Universitas Muhammadiyah Malang.

Akhirnya, di usia ke-22 PMII Komisariat Universitas Muhammadiyah Malang ini kita semua tentu berharap PMII Komisariat Universitas Muhammadiyah Malang semakin jaya, progresif dalam pengawalan ideologi gerakan, serta melahirkan generasi-generasi Ulul Al-Baab sebagaimana tujuan Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia. Semoga senantiasa menghasilkan pencapaian-pencapaian maksimal dalam kaderisasi, gerakan dan dakwah Ahlussunnah Wal Jama’ah. Aminn…

Dirgahayu PMII-ku. Ilmu dan Bakti Kuberikan, Adil dan Makmur Kuperjuangkan!

Muhammad Syukron Anshori (PK PMII Universitas Muhammadiyah Malang)

http://www.nu.or.id/post/read/51746/sejarah-berdirinya-pmii-di-universitas-muhammadiyah-malang